AMERIKA SERIKAT: Erika Kullberg telah membangun banyak pengikut digital, memiliki lebih dari dua juta pelanggan YouTube dan 21 juta pengikut di berbagai platform media sosial. Memulai perjalanannya lima tahun lalu tanpa pelanggan, dia berbagi titik awal yang sama dengan banyak calon YouTuber.
Kullberg memproduksi video keuangan pribadi di YouTube, Instagram, Facebook, dan TikTok, di mana dia menawarkan saran dalam menangani klaim keuangan dan berbagi anekdot pribadi, termasuk keputusannya untuk meninggalkan posisi hukum perusahaan yang menguntungkan senilai $250,000. YouTube menonjol sebagai platform penghasil pendapatan utama di antara platform yang ia gunakan.
– Iklan –
Baca Juga: Inisiatif Kota Satu Shivansh Ahuja: Merevolusi Pendidikan Pemuda di India
Dalam lima tahun terakhir, Kullberg telah memperoleh lebih dari $353.000 dari YouTube saja, tidak termasuk sponsor merek dan pajak. Mencapai monetisasi hanya dalam tiga bulan, ia melampaui rata-rata jangka waktu 15,5 bulan yang dialami banyak YouTuber. Kullberg mengaitkan kesuksesannya yang cepat dengan postingan video mingguan yang konsisten dan perencanaan strategis.
– Iklan –
“Saat saya pertama kali memulai YouTube, saya berkomitmen untuk mengeluarkan satu video per minggu selama satu tahun, apa pun yang terjadi. Saya melihat banyak orang menyerah setelah hanya beberapa video karena mereka tidak segera mencapai seribu pelanggan,” jelas Kullberg dalam wawancara dengan Entrepreneur. “Kunci lainnya adalah mempelajari dan menganalisis saluran YouTube yang sukses sebelum meluncurkan saluran saya sendiri, fokus pada pentingnya gambar mini dan judul yang tepat, dan memilih topik yang saya sukai.”
Dedikasi Kullberg berarti menghabiskan 15 hingga 20 jam per video pada awalnya. Dia menyarankan para pembuat konten baru untuk memilih ceruk pasar berdasarkan minat, bukan potensi pertumbuhan pesat, mengukur ukuran pasar dengan melihat saluran yang sukses di ceruk yang sama, dan mempertimbangkan semua peluang pendapatan, termasuk pemasaran afiliasi.
– Iklan –
Baca Juga: Perjalanan Saurabh Netravalkar dari Mumbai ke USA Cricket dan Oracle
Menavigasi Transisi Karir dengan Saran Erika Kullberg
Kullberg menekankan pentingnya kesabaran dan pemahaman bahwa kesuksesan tidak akan datang dalam semalam. “Saya membutuhkan waktu tiga bulan untuk mencapai seribu pelanggan, tiga bulan lagi untuk mencapai 2.000, dan antara bulan kelima dan keenam, saya melonjak dari 2.000 menjadi 52.000 pelanggan dan menghasilkan $20.000 pada bulan itu melalui kombinasi pendapatan iklan YouTube, afiliasi, dan sponsor,”dia berbagi.
Bagi mereka yang mempertimbangkan perubahan karier, Kullberg menyarankan untuk memastikan stabilitas keuangan dan menguji coba dengan hobi sampingan. “Jika Anda bisa mulai mengeksplorasi hobi sampingan Anda di akhir pekan, semoga bisa menjadi sumber penghasilan utama Anda sehingga pada akhirnya Anda bisa berhenti dari pekerjaan,” sarannya. Merefleksikan transisinya dari hukum perusahaan, dia berkata, “Saya ingin membantu orang-orang dan membuat perbedaan. Menjadi pengacara perusahaan tidak memenuhi hal tersebut, dan saya tidak suka waktu saya dikendalikan oleh atasan. Saya merasa sangat beruntung dan tidak pernah menyesal mengambil lompatan ini.”
Kepada calon wirausaha, Erika Kullberg merekomendasikan kejelasan misi, pemahaman mendalam tentang proses monetisasi, kesabaran, dan upaya yang konsisten. “Tinggal satu video lagi, Anda bisa mengubah arah masa depan Anda. Bersabarlah dan jangan menyerah.”
Baca Juga: Kosovo: Negara Terbaru di Eropa dengan Kekuatan Kuno